Wednesday 8 July 2015

HBM (High Bandwith Memory) Teknologi Memory pada VGA Terbaru AMD

Pada peluncuran VGA Radeon terbaru beberapa waktu lalu AMD memperkenalkan VGA yang tidak menggunakan Memory GDDR melainkan menggunakan teknologi Memory yang baru yaitu HBM. HBM singkatan dari (High Bandwith Memory), karena bandwith GDDR sudah tidak mencukupi kebutuhan bandwidth memory dan teknologi display seperti resolusi monitor 4K. Selain itu ukurannya yang besar untuk kebutuhan tempat memory sangat tidak efisien untuk era apa - apa serba kecil dan slim pada saat ini. Ditambah lagi umur GDDR yang sudah hampir satu dekade, membuat AMD melakukan inovasi pada VGA terbarunya.


GDDR memerlukan daya yang lebih tinggi dibandingkan dengan HBM. Pada HBM, Dynamic RAM (DRAM) akan ditumpuk secara vertikal seperti gedung - gedung di Jakarta yang menjulang tinggi dan diletakkan di samping atau di atas prosesor. Jarak yang dekat antara DRAM dan prosesor memungkinkan penggunaan bus memori yang lebar dengan bandwidth yang tinggi. Dengan chip yang ditumpukkan maka ruang yang digunakan untuk memori lebih kecil dibandingkan dengan GDDR, Pada gambar diatas terlihat 1GB GDDR5 membutuhkan 4 chip, sedangkan 1GB HBM hanya menggunakan 1 tumpukan.
HBM (High Bandwidth Memory) merubah semuanya. Selama ini, untuk mendapatkan lebih banyak throughput, clock memory ditingkatkan untuk mendapatkan bandwidth yang diperlukan.
Bicara soal kecepatan transfer, HBM memiliki kecepatan transfer mencapai 35GB/s tiga kali lebih cepat dibandingkan dengan GDDR5 yang hanya mempunyai kecepatan transfer sebesar 10,66GB/s, itu karena

HBM memiliki Bus Width 1024-bit dan clock memory jauh lebih rendah mulai 500Mhz (1GBps), dan puncak bandwidth antara 100 dan 125GB/s per stack, berbeda dengan GDDR yang memiliki Bus Width 32-bit sampai dengan 1750MHz (7GB/s). Bandwidth efektif bisa mencapai 28GB/s per chip.
Desain VGA yang menggunakan memory HBM dapat dibikin setengahnya dari VGA yang dibuat dengan memory GDDR. Bisa kita lihat dari gambar dibawah ini
 Desain VGA Radeon R9 290

Desain VGA Radeon R9 Fury X

Super sekali inovasi yang dikeluarkan AMD, jujur saja saya heran kemarin waktu lihat streaming peluncuran VGA R9 Fury X ini, melihat ukurannya yang 30% lebih kecil dari R9 290x. Rahasianya ternyata dengan menggunakan memory HBM.
Sekian dulu dari saya, next kita bahas VGAnya, terima kasih sudah membuka dan membaca blog saya.


Sumber: amd.com, amd-id.com, indo-review.com, obengplus.com

0 comments:

Post a Comment