Wednesday 20 May 2015

Tips Dual Graphic AMD APU "KAVERI" A10-7850K

   Prosesor ini menggunakan 12 compute core (4 CPU + 8 GPU), Dengan dilengkapi kecepatan sebesar 3,7 GHz dan 4.0 GHz ketika Turbo Core diaktifkan. Memiliki fitur teknologi HSA, Mantle dan TrueAudio sudah support Ultra HD/4K sehingga gambar/video terlihat lebih bersih dan jernih.
Prosesor APU ini hemat daya dari APU seri sebelumnya yaitu pada TDP sebesar 95watt.
Prosesor ini sudah tersedia sejak tahun lalu, yaitu 14 Januari 2014.


Bagi yang mempunyai/memakai atau ingin membeli Prosesor AMD APU A10-7850K dan ingin dual graphic alias 2 vga, 1 vga terintregrade dari prosesornya terus 1 lagi dari vga eksternal berikut saya berikan tipsnya agar tahu dan tidak bingung dan maksimal kinerjanya.



1.VGA Eksternal apa yang support dual graphic?
VGA eksternal yang didukung oleh Prosesor ini tentu cuma dari Radeon dan cuma 2 seri yaitu Radeon R7 240 DDR3 dan R7 250 DDR3, tapi bila ingin memakai seri diatasnya bisa. tapi fitur dual graphic tidak berkerja karena cuma 2 VGA itu yang support untuk dual graphic.




2.Motherboard apa yang bagus untuk support dual graphic?
biar performanya bagus saya sarankan pakai MoBo yang berchipset a88x, karena dari AMD-nya sudah mengsugesti chpiset ini untuk performa yang bagus. tapi gak masalah kalo mau pakai chipset a78 atau a58.

3.RAM yang bagus apa?
untuk RAM saya menyarankan menggunakan yang berkecepatan tinggi dan 2 channel sebagai contoh RAM Kingston HyperX ddr3 yang berkecepatan 1866mhz, lebih baik lagi memakai ram yang berkecepatan 2133Mhz. Kenapa harus berkecepatan tinggi? singkatnya agar Performa Grafis Terintegrasi (IGP) dari Kaveri akan berbanding lurus dengan peningkatan frekuensi memori.
Kenapa harus 2 channel? Secara teoritis, sistem dengan memory Dual Channel akan mendapatkan bandwidth dua kali lipat lebih besar dibandingkan single channel (satu keping), dan tentu saja akan sangat berpengaruh pada performa secara keseluruhan. Apalagi pada sistem berbasis APU, dimana GPU terintegrasi akan selalu mengakses memori sistem, dan semakin besar bandwidth yang dapat diberikan pada GPU terintegrasi, semakin tinggi pula performa GPU pada APU tersebut yang pada akhirnya kualitas grafis akan semakin meningkat.

4.PowerSupply yang rekomendasi apa?
cukup dengan power supply 450 watt yang pure alias ada sertifikat 80+ sudah bisa menjalani semuanya tapi saya lebih menyarankan yang 550watt karena untuk jaga-jaga bila ingin di upgrade tidak membeli power supply lagi apalagi kalo yang ingin memakai liquid cooling saya menyarankan pakai yang 550watt dan tentunya harus ada sertifikat 80+ nya.

5.Cara mengaktifkan dual graphic?
  • Install dulu driver Catalyst Contol Center yang terbaru.
  • Setelah driver terinstal, jalankah AMD Catalyst Control Center di komputer Anda.
  • Tepat di bawah panel Gaming atau Performance, temukan menu tab Dual Graphics kemudian pilih Enable AMD Radeon Dual Graphics lalu klik Apply. 
  • Setelah itu pastikan status Show AMD Radeon Dual Graphics berada di posisi aktif.
Jalankan game kemudian atur mode layar ke ukuran penuh. Sebuah ikon akan muncul di kanan atas layar yang menunjukkan fitur Dual Graphics sedang bekerja.

Beberapa bechmark yang didapat ketika dual graphic on:


3Ds Max Direct 11
berikut adalah speksifikasi dan line-up prosesor APU Kaveri:


Kesimpulan:
Solusi AMD Dual Graphics dengan AMD Kaveri APU A10-7850K + AMD Radeon R7 240 atau AMD Radeon R7 250 memberikan peningkatan performa yang signifikan sekitar 30% sampai 50%.
gimana tertarik? mantap bukan performanya. Bagi kalian yang ingin mengadopsi dual graphic ini tunggu apalagi, performanya sudah teruji kok di berbagai forum-forum menunjukkan bechmark yang signifikan dari pada menggandalkan 1 graphic intergrated.


Sumber:
amd-id.com
jagatreview.com
amd.com

Tags: apu, tips dual graphic amd a10-7850k, amd kaveri

1 comment:

  1. min mau tanya
    processor saya amd a10 8760k godavari itu cocok ga dual grafik pakai vga r7 370 256 bit gddr5

    ReplyDelete