Saturday 26 December 2015

Processor AMD FX 8370E dan 8320E Performa Tinggi namun Hemat Daya

Pada akhir tahun kemarin AMD meluncurkan prosesor FX terbaru yaitu FX 8370E dan FX 8320E.
Berbeda dengan pendahulunya yaitu FX 8370 dan FX 8320, prosesor dengan akhiran huruf E ini dirancang untuk bekerja dengan asupan daya dan juga temperatur kerja lebih rendah.
Kedua prosesor ini masih masuk keluarga AMD FX-8000 series dan masih sama-sama menggunakan 8 inti prosesor (octa-core) guna menjamin high performa.


AMD mengoptimalkan kedua prosesor ini dengan menurunkan TDP-nya dari seri FX 8370 dan FX 8320, dan mendapatkan TDP sebesar 95W saja.
Seri FX 8370E ini memiliki kecepatan sebesar 3,3Ghz namun bisa dinaikkan performanya sampai dengan 4,3Ghz berkat Turbo Core. Sedangkan untuk sei FX 8320E memiliki kecepatan sebesar 3,2Ghz sama seperti seri sebelumnya performa prosesor ini bisa ditingkatkan sampai dengan 4,0Ghz.

Rendahnya nilai TDP FX 8370E dan FX 8320E tidak hanya menguntungkan dari sektor asupan daya. Kedua Prosesor hemat daya ini lebih “aman” ketika dipasangkan dengan motherboard yang ber-chipset AMD 970. Karena komponen VRM pada chipset AMD 970 tidak Terlalu mewah dibandingkan dengan chipset AMD 990FX sehingga dapat bekerja lebih ringan dan tidak menghasilkan panas setinggi saat menggunakan prosesor AMD FX dengan nilai TDP 125 Watt. Namun bila ingin dipasangkan dengan Chipset AMD 990FX tidak masalah karena masih support kok.

Walaupun hemat daya performa kedua prosesor ini teruji sanggup menjalankan game HD maupun desain grafis, bagi kalian yang gamers atau suka desain grafis, rendering jangan khawatir prosesor ini sanggup kok menjalani itu semua.

Berikut hasil becnhmark kedua prosesor ini:
Terlihat dari becnhmark diatas performa kedua prosesor ini bisa menjalankan aplikasi 7zip dengan baik dan mendapatkan benchmark yang tinggi dari sang kompetitor.

Kombinasi kedua prosesor ini sangat direkomendasikan ketika diduetkan dengan kartu grafis AMD Radeon yang mendukung firut Mantle, terlihat ketika memainkan game Plant vs Zombie: Garden Warfare, dimana dengan mengaktifkan Mantle didapakan penambahan FPS sebanyak 18fps untuk seri AMD FX 8370E dan 14fps untuk seri AMD FX 8320E.

Dari segi gaming kelas berat, kedua prosesor ini ketika diduetkan kartu grafis Radeon R9 285 mendapatkan rata-rata 44 fps(frame per second) lebih tinggi dari sang kompetitornya. Begitu juga ketika di duetkan dengan kartu grafis Radeon R9 280X mendapatkan rata-rata lebih tinggi dari sang kompetitor.

Terlihat dari gambar diatas solusi AMD FX 8370E/FX 8320E dengan Radeon R9 280X cuma beda 2 fps namun harga lebih murah/ better price dan performa tidak terlalu jauh dengan sang kompetitor.

Line-up dan spesifikasi AMD FX 8 Core:


Kesimpulan:
Kedua prosesor ini adalah alternatif untuk kalian yang ingin mendapatkan performa yang tinggi nampun juga mementingkan sisi efisiensi daya. 8 core dengan menggunakan TDP 95W saya rasa tidak ada salahnya, sudah mendapatkan performa yang tinggi namun juga efisiensi daya.
Apalagi kedua prosesor ini masih menggunakan Socket AM3+ jadi memudahkan kalian untuk mengupgrade prosesor FX yang lama alias tidak perlu membeli Motherboard baru.

Sumber:
amd.com,amd-id.com, jagatreview.com

0 comments:

Post a Comment