Saturday 26 December 2015

Review Processor AMD A10-7870K GODAVARI

Setelah sukses dengan APU A10-7850K yang teruji mampu menajalankan game HD tanpa bantuan VGA tambahan kini AMD meluncurkan varian terbaru dari Keluarga APU yaitu A10-7870K tetap memakai kode name "Kaveri" untuk memperkuat line up APU Kaveri.
Prosesor ini ditujukan untuk eSport dan gaming online yang memberikan performa yang lebih baik. Prosesor ini juga telah didesain untuk sistem operasi terbaru dari Microsoft yaitu Windows 10 yang sebentar lagi rilis bersamaan dengan DirectX 12.


Prosesor ini memiliki standar kecepatan 3.9GHz dan 4.1GHz ketika ditingkatkan performanya, prosesor ini memiliki GPU frequency sebesar 866MHz dibandingkan dengan A10-7850K yang memiliki GPU Frequency sebesar 720MHz

Selain itu prosesor ini masih banyak memiliki fitur tambahan seperti HSA features, DirectX 12, Mantle, AMD Freesync Technology.
Prosesor ini memiliki kinerja yang lebih dalam menjalankan tugas bermain game online, Lebih dari 48 % capaian frame rates (FPS) lebih tinggi pada game-game online populer dibandingkan dengan solusi dari sebuah CPU dan GPU yang berharga lebih tinggi dan pastinya lebih efisien hingga tiga kali lipat.
Gamers dapat menjalankan game dengan resolusi hingga 1080p pada banyak game populer, dikarenakan AMD memberikan fitur-fitur yang khas pada AMD A-Series seperti Virtual Screen Resolution (VSR) untuk memberikan gambar yang halus pada resolusi yang rendah, kemudian teknologi AMD FreeSync™  untuk bermain game dengan lancar pada layar berteknologi FreeSync.

Prosesor ini juga masih memakai socket FM2+ yang memudahkan kita untuk mengupgrade prosesor APU yang lama dan tentunya mendukung  PCI Express® 3.0 sebuah grafis terkini yang sanggup menjalankan game hingga pada resolusi Ultra HD.



Dari hasil benchmark diatas, terbukti solusi AMD A10 -7870K lebih baik performanya ketika bermain game Online dibandingkan kompetitor, dan tentunya lebih murah solusi memakai AMD A10-7870K.
Tidak hanya memfokuskan di eSports prosesor AMD ini juga sanggup memainkan game HD terbaru seperti DiRT Rally.


Dengan menggunakan RAM Dual-Channel dengan kecepatan 2400Mhz terbukti kenaikkan fps hingga 2x lipat dibandingkan menggunakan RAM Single-Channel dengan kecepatan 1600Mhz.
Performa juga meningkat ketika menggunakan Dual-Graphic atau Crossfire. 1 menggunakan VGA diskrit dari prosesor dan 1 lagi menggunakan VGA tambahan R7 250 DDR3, terlihat dari benchmark dibawah dibandingkan dengan menggandalkan 1 VGA diskrit dari prosesor performa lebih meningkat ketika menggunakan VGA tambahan.


Berikut adalah line up dan spesifikasi Prosesor AMD APU A10:

Prosesor ini juga didesain untuk bisa menjalankan aplikasi - aplikasi modern karena memiliki fitur 12 compute cores (4 CPU + 8 GPU),  dengan kecepatan CPU clock lebih dari 4.1 GHz  dan TDP 95W dan lebih baik performanya 5% dari kompetitor. Juga didesain secara spesifik dibuat untuk komputasi umum dan GPU dengan bahasa program seperti C++ AMP dan OpenCL™ 2.0.

Kesimpulan:
Bagi anda yang ingin membangun PC untuk bermain game Online ataupun warnet, solusi memakai prosesor AMD A10-7870K adalah yang terbaik menurut saya dengan kecepatan prosesor 3,9Ghz hingga 4,1Ghz tidak diragukan lagi performanya apalagi ketika menambah VGA tambahan dan menggunakan RAM dual - channel terbukti performa meningkat hingga 2x lipat.


sumber: amd-id.com, amd.com

3 comments:

  1. gan mau nanya kalo udah pake vga kaya gini mendigan vga low endnya tetep di pake atau dilepas aja gan, contoh vga ati 5500 serie soalnya ane punya rencana mau ganti ama ini aja gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending gak usah dipasang, andelin ram dual channel aja biar vga onboard A10-7870K kerja maksimal

      Delete
  2. Gan saya kok gak bisa aktifkan amd dual graphic ya padahal saya udah pasang dan instal driver gak muncul juga itu amd crossfirenya, apa karna sama pakai amd radeon r7 250 2gb gddr 5

    ReplyDelete